Rantai, bagian dari motor yang seharusnya ga lupa kita rawat juga. Rantai motor, sering kita lupa merawatnya, padahal kalo rantai kotor ampe akhirnya karatan, kan bisa membahayakan tuh, siapa yang rugi? Ya kita sendiri lah! Makanya rantai motor tuh harus kita rawat juga..minimal ngasih pelumas (oli) yang secukupnya, tujuannya supaya jalannya motor alus dan rantai motor ga cepet karatan. Tapi, adajuga ko perawatan rantai yang lebih maksimal! Kali ini gw mau berbagi cara merawat rantai motor secara maksimal^^...



Kita kudu wajib tau, tipe konstruksi dari rantai motor kita sendiri itu apa, sejauh yang gw tau sih tipe rantai motor ada 2 tipe: tipe o-ring dan tanpa o-ring. Biar lebih jelas deh, kalo tipe o-ring ada karet yang berbentuk O yang fungsinya penyekat macem sil buat pelumas di antara pin rantai, terus terang nih rantai lebih bagus dari rantai tanpa o-ring (gerakannya lebih mulus dan umur rantai lebih awet). Jadi, rantai o-ring harus dijauhkan dari zat-zat yang sifat merusak karetnya sangat kuat (misal: minyak tanah, bensin dan sejenisnya ). Selain itu, rantai o-ring jangan disemprot air tekanan tinggi. Soalnya, ntar pelumas dalem pin motor keluar. Maka, the best way untuk merawat rantai jenis o-ring adalah pake sabun..caranya, cuci bagian rantai yang sekiranya kotor, jangan sikat kuat2 antar pin, ato yang rada instant deh, pake chain lube atau chain cleaner, itu juga bisa ko! Tapi dengan notabene keterangan o-ring safe (aman buat o-ring). Udah dibersihin, dikeringin, dilap pelan-pelan aja, trus olesin pelumas SAE # 80 atau 90 (terutama di bagian pin). Itu semua untuk rantai tipe o-ring...



Untuk rantai tanpa o-ring pembersihan malah lebih gampang, kaga ribet! Rantai tanpa o-ring boleh direndem di minyak tanah atau bensin, udah gitu dicuci terus dikeringin, lantas diolesin pelumas SAE # 80 atau 90. Perlu diinget nih, jangan sekali-kali pake cara perawatan rantai tanpa o-ring untuk ngerawat rantai tipe o-ring, ataupun sebaliknya. Soalnya bisa mengurangi umur rantai! oke deh segitu aja tips nya, selamat mencoba tips dari gw ya!^^






(sorce: mekanik-mekanik bengkel, majalah sepeda motor R2)