Kemaren lusa, gw ngeliat temen gw bawa mobil, mobilnya BMW seri 3. katanya sih dia baru beli(dibeliin bokap), tapi mobkas alias mobil bekas. Tampilannya sih lumayan...dan akhirnya gw putuskan untuk cari tau informasi tuh mobil..Emang sih mobil ini udah dari lama banget...tapi peminatnya masih banyak, terutama kaula muda. Harganya juga cukup terjangkau ko (seukuran mobkas0,terakhir gw tanya BMW 318 taun 9a3 harganya 59 jt-an, kalo BMW 325i taun 95 harganya 55 jt-an (harga beda karena kondisi mobil beda). Tapi sayangnya, bensin boros, spare part mahal, nah! 2 hal ini patut dipertimbangin kalo mau beli ni mobil!^^
Tahun 1975 - 1982


BMW seri 3 E21 diciptain BMW tujuannya supaya penggemar sedan sport kompak 2 pintuyang agresif. Somehow, ni mobil sempet dinilai memanipulasi konsumennya, soalnya performa 316 dan 320 ga sesuai dengan parasnya sebagai sedan sport. Maka dari itu, taun 77 mereka meluncurkan 323i mesin 6 silinder dengan fuel injection bosch. Kelemahannya, di jalan basah agak buruk, tapi tenaganya 143 dk ga lambat lambat amat^^..
Tahun 1982 - 1994


Beralih ke BMW seri 3 E30 awal taun 82, masih jadi sedan sport kojo BMW, tapi bedanya ada 2 pintu belakang..sempet aneh juga sih aroma sportnya jadi rada ilang, tapi BMW juga nambahin varian seri 3 yang ini dengan body station wagon dengan kode T (touring)dan 325iX gerak 4 roda, Waw..
Tahun 1994 - 1998

Beberapa waktu ke depan, BMW seri 3 E36, bentuk bodinya beda banget ama yang dulu-dulu, banyak sudut-sudut yang membulat. Itulah sebabnya, BMW seri 3 E36 dapet gelar sebagai sedan kompak terbaik di dunia..

(source: Anto, majalah MOTOR)